Wednesday, October 17, 2018

Luas Hutan Merbabu yang Terbakar Capai 400 Hektare

Kebakaran rimba Taman Nasional Gunung Merbabu di lokasi Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sampai Rabu (17/10/2018) sore belumlah padam. Selama ini, luas rimba yang terbakar diprediksikan sampai 400 hektare.

Baca juga: Jurusan di IT TELKOM

Komandan Kodim 0714 Salatiga Letkol Inf Prayoga Irawan mengatakan, pada pemadaman Rabu (17/10/2018) Satgas Penanggulangan Musibah Kebakaran Gunung Merbabu menerjunkan 260 personel yang dibagi dalam tujuh titik pemadaman. Yaitu di lokasi Dusun Macanan, Ngaduman, Thekelan, Gedong, Nglelo, Kalipasang serta Gondang.

"Mereka berjibaku lakukan pemadaman dengan manual mulai jam 08.15 WIB. Akan tetapi usaha pemadaman ini hari belumlah dapat mematikan api. Titik api masih tetap tampak di lokasi rimba diatas Dusun Gedong, Desa Batur," kata Letkol Inf Prayoga Irawan yang sebagai Komandan Satgas Penanggulangan Musibah Kebakaran Gunung Merbabu.

Menurutnya, kebakaran rimba Taman Nasional Gunung Merbabu susah dipadamkan sebab aspek cuaca. Di tempat kebakaran angin bertiup kencang, hingga api cepat jadi membesar serta membakar tanaman yang kering.

Diluar itu, pemadaman ikut terhalang medan yang susah dijangkau oleh personel Satgas Penanggulangan Musibah Kebakaran Gunung Merbabu.

Baca juga: Jurusan di UNIPA

"Ada banyak tempat kebakaran yang tidak dapat dijangkau. Hingga personel tidak dapat lakukan pemadaman di tempat itu hingga kebakaran belumlah dapat dipadamkan. Sampai sekarang ini, luas rimba yang terbakar diprediksikan sampai 400 hektare," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment