Thursday, October 11, 2018

GEMPA PALU: Jalan Nasional ke Palu & Donggala Sudah Bisa Dilalui

Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan jika akses jalan nasional ke Kota Palu lewat lintas barat, timur, serta tengah sudah terbuka semuanya.

Pemulihan keadaan akses jalan pascagempa bumi serta tsunami di Palu serta Donggala jadi satu diantara empat konsentrasi Kementerian PUPR di samping menolong pengevakuasian korban, penyediaan air bersih, serta sanitasi dan pembersihan kota.

Baca juga: Akreditasi Prodi STMI

Kelancaran konektivitas begitu terpenting buat mobilitas orang serta distribusi pertolongan supaya dapat sampai ke beberapa lokasi pengungsian di Kota Palu serta Kabupaten Donggala.

Mengenai, jalan lintas barat yang bisa dilalui yaitu ruas jalan Palu—Pelabuhan Pantoloan—Tolitoli—Buol selama 546 km. serta ruas Palu—Donggala—Pasangkayu—Mamuju selama 420 km..

Selain itu, jalan lintas tengah yaitu ruas Palu—Napu—Poso selama 427 km. serta Palu—Kebon Kopi—Parigi—Poso selama 220 km.. Untuk lintas timur lewat ruas Palu—Kebon Kopi—Marisa—Gorontalo selama 607 km..

Salah satunya ruas penting yaitu Kota Palu—Kabupaten Parigi yang jadi jalan penting dari utara Sulawesi ke arah Palu dimana ada beberapa daerah dataran tinggi yang riskan longsor yaitu di Kebon Kopi.

Perlakuan ruas jalan ini sudah dikerjakan dengan setahap sebab pada 2017 ada empat paket pekerjaan tahun jamak (multiyears) dengan nilai Rp330 miliar.

"Jalan di lokasi Kebon Kopi lama adalah riskan longsor. Kami kerjakan perbaikan dengan ofensif," kata Basuki lewat tayangan wartawan, Selasa (2/10/2018).

Rekonstruksi ruas jalan Kota Palu—Kabupaten Parigi dikerjakan selama 48 km. oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV, Ditjen Bina Marga.

Basuki menjelaskan jika perlakuan tidak lagi dikerjakan sesudah terjadinya longsor akan tetapi dikerjakan perkuatan tebing dengan tehnologi geotrip serta geometrik tanam yaitu berbentuk tumbuhan.

“Ramah lingkungan hingga jadi green infrastructure serta mempunyai daya tarik wisata. Tidak hanya dikerjakan perkuatan tebing ikut dikerjakan perbaikan tubuh jalannya," tutur Basuki.

Baca juga: Akreditasi Prodi STTT

Kementerian PUPR akan lakukan perbaikan dua jembatan rusak pada ruas jalan nasional di Towalen & Toboyo serta Jembatan Kuning. Mengingat manfaat Jembatan Kuning menjadi simbol Kota Palu, jembatan ini akan diatasi Kementerian PUPR dengan diawali penelusuran susunan jembatan serta design lagi.

Di Kota Palu ikut dikerjakan perbaikan jalan yang retak lewat cara pengupasan/scrapping serta patching. Untuk penyelesaiannya dikerjakan mobilisasi alat berat 1 unit ekskavator, 1 loader, serta 2 dump truck.

No comments:

Post a Comment