Thursday, September 13, 2018

SDM Indonesia belum jadi tuan rumah di negeri sendiri


Kampus Indonesia (UI) mengadakan UI Career & Scholarship Expo ke-17 yang berjalan pada 20-22 Februari 2014 di Balairung UI, Universitas Depok. Sekitar 70 perusahaan berperan serta dalam pekerjaan itu seperti PT Pertamina Persero, serta sederetan perusahaan yang lain termasuk juga 12 instansi pendonor beasiswa.

Baca juga: Akreditasi Prodi UMM

UI membidik ada 10 ribu pencari kerja yang terdiri atas fresh graduate, alumni, mahasiswa tingkat akhir UI, dan penduduk umum diproyeksikan berkunjung ke bursa kerja serta beasiswa itu.

Wakil Rektor UI Bambang Wibawarta yang buka pekerjaan itu menyatakan, UI mengadakan rutinitas yang lain seperti program persiapan karir, softskill training, dan tracer study.

"UI ialah pelopor dari revitalisasi tracer study di Indonesia yang sudah sempat alami kevakuman saat kira-kira satu dekade, UI temukan input serta memfasilitasi perusahaan berkaitan kepentingan tenaga kerja," katanya dalam sambutannya, Kamis (20/02/2014).

Bambang mengutarakan, tidak semua mahasiswa ingin jadi pegawai, tapi malah jadi wirausahawan. Ditambah lagi prasyarat negara maju, sekurang-kurangnya mempunyai dua % wirausahawan.

Baca juga: Akreditasi Prodi UAD

"Sesaat kita baru 1,2 % wirausahawan. Sumber daya kita masih tetap lemah, kita belumlah menjadi tuan-rumah, belumlah merdeka di negara sendiri, negara asing yang kuasai ada 70 %. Ini PR kita bersama dengan," tegasnya.

Hingga, kata Bambang, bila kursus softskill selalu di kembangkan, karena itu permasalahan ketenagakerjaan dapat diatasi. "Kita kampus yang lulusannya waktu nantikan kerja cuma tiga bulan, serta telah diijon juga sebelum lulus, anak muda saat ini makin pandai serta makin gawat," tuturnya.

No comments:

Post a Comment