Monday, March 25, 2019

Di Hadapan Anak Muda Banyuwangi, Jokowi Cerita Kisah Hidupnya

Calon presiden nomer urut 01 Joko Widodo (Jokowi) lakukan kampanye di Banyuwangi. Di depan anak-anak muda, Jokowi menceritakan perjalanan serta perjuangan hidupnya.

Dalam acara Bercakap Inspiratif Bareng Jokowi bertopik “Kisah Inspiratif Jokowi: Dari Usaha Furniture sampai Memajukan Negeri” itu, Jokowi menyemangati anak-anak muda supaya janganlah mudah menyerah. “Ada banyak peluang buat siapa juga untuk maju, janganlah gampang menyerah,” kata Jokowi di depan anak-anak muda Banyuwangi di Taman Blambangan, Senin (25/3/2019).

Baca juga : Jurusan di UNSIL

Dalam acara itu Jokowi didampingi sang istri, Iriana. Pun Ketua Team Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Dewan Pembina Relawan Entrepreneur Muda Nasional (Repnas) Jawa timur Bahlil Lahadalia, Ketua Repnas Jawa timur Mufti Anam, serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Jokowi menceritakan mengenai waktu kecilnya di perkampungan kumuh bantaran sungai di Solo. Bekas Gubernur DKI Jakarta itu berulang-kali geser rumah bilik kontrakan sebab sang bapak tidak miliki cukuplah uang untuk membayar. Bahkan juga, rumah kontrakannya sempat digusur.

“Sehingga saya mesti menumpang di dalam rumah saudara. Susah rasa-rasanya. Tetapi keluarga saya tidak ingin menyerah. Bapak serta ibu saya selalu berusaha. Saya selalu disemangati hingga kemudian masuk UGM (Kampus Gadjah Mada),” kata Jokowi kembali kenang waktu susah dalam kehidupannya.

Lulus kuliah 1985, Jokowi kerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh. Jokowi diletakkan di belantara rimba Aceh serta tinggal di dalam rumah panggung supaya dari intimidasi binatang buas. Selesai menikah, sang istri dibawa Jokowi ke Aceh. Mereka tinggal di barak di dalam rimba. Cuma ada satu kamar memiliki ukuran kecil untuk Jokowi serta Iriana. Dapur, kamar mandi, serta ruangan tamu dipakai bersama dengan beberapa pekerja lainnya.

Dua tahun mereka tinggal di rimba. Kesetiaan serta ketabahan Iriana membuat cinta Jokowi pada sang istri semakin kukuh. Pada tahun ke-2 di rimba, Iriana hamil. Jokowi akan memutuskan berhenti kerja serta ingin meniti usaha furniture. Ia balik ke Solo.

Baca juga : Jurusan di TEL-U

Satu tahun buka usaha sendiri, kata Jokowi, bisnisnya belumlah moncer. Baru pada tahun ke-3, beberapa orang kenal Jokowi menjadi perajin kayu htangguh. Jokowi lantas ikuti pameran di Singapura. Pesanan di luar negeri juga banyak yang datang. “Awalnya tiga bulan baru kirim satu container. Makin lama dalam satu bulan kirim 18 container. Mesti ikhtiar, tawakkal, Insya Allah lancar semua,” kata Jokowi diterima tepok tangan anak-anak muda yang ada.

Ketua Repnas Jawa timur Mufti Anam menjelaskan, pihaknya menyengaja mengadakan diskusi inspiratif supaya anak-anak muda dapat meneladani cerita Jokowi. “Jadi ini bukan hanya mari pilih 01. Tetapi ada juga inspirasinya. Bayangkan, beliau waktu kecil serta waktu mudanya penuh kesusahan. Bahkan juga Pak Jokowi kerja menyerut kayu sendiri, malam-malam angkat kayu ke rumah serta dikerjakan sekalian momong anak. Tetapi saat ini beliau sukses jadi presiden,” katanya.

“Kisah ini dikisahkan langsung Pak Jokowi ke anak-anak muda, serta tentu memberikan inspirasi. Insya Allah tidak hanya kampanye, ini jadi karunia sebab sesudah acara ini anak-anak muda makin giat belajar serta nantinya dapat memberi warna Indonesia dengan tindakan positif,” pungkas Mufti.

No comments:

Post a Comment