Monday, August 27, 2018

Mobil Hemat Energi ala Tim Sapuangin ITS Bakal Mejeng di Hakteknas 2018

Menteri Penelitian Tehnologi serta Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir akan menyertakan Team Sapuangin dari Institut Tehnologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Hari Kebangkitan Nasional Tehnologi Nasional (Hakteknas), di Pekanbaru, Riau, 10 Agustus 2018. Hal itu dikerjakan, karena ITS sudah membuahkan pengembangan kendaraan irit daya.

Baca juga: Biaya Kuliah POLNEP - Pendaftaran POLNEP

"Ya kelak, mereka akan diikutkan pada Hakteknas 2018 di Pekanbaru kelak, dalam rencana mengapresiasi apakah yang dikerjakan ITS, karena sukses jadi paling cepat di Inggris tempo hari. Itu saya akan animo," tutur Nasir pada wartawan di kantor Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Dia menuturkan, tehnologi dari Team Sapuangin ITS itu, akan disambungkan dengan industri. Seperti yang telah ada seumpama motor listrik. "Mobil listrik akan digandengkan dengan industri," ujarnya.

Seperti yang di ketahui, mahasiswa Indonesia kembali mencatatkan prestasi membesarkan hati di arena dunia. Team Sapuangin dari Institut Tehnologi Sepuluh Nopember (ITS) sukses menyapu juara pertama pada arena Shell-Eco Marathon World Driving Championships di Queen Elizabeth Olympic Park, London. Mengawali lomba dari ‘Pole Position’, Team Sapuangin ITS sukses menyisihkan beberapa puluh peserta dari beberapa negara.

Nasir mengatakan selamat atas prestasi yang sudah dicapai Team Sapuangin ITS yang sudah mencapai tempat puncak di arena ini. Menristekdikti juga memberi animo atas usaha keras serta perjuangan Team Semar Kampus Gadjah Mada (UGM) serta Team Garuda Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) menempati rangking ke-8 serta ke-9.

Baca juga: Biaya Kuliah UNTAN - Pendaftaran UNTAN

"Shell-Eco Marathon World Driving Championships adalah kejuaraan yang menguji kecepatan serta ketahanan kendaraan irit daya. Berarti, perguruan tinggi di Indonesia dapat berkompetisi di tingkat dunia dalam membuahkan pengembangan kendaraan irit daya. Saya terasa bangga serta mengatakan selamat atas prestasi yang dicapai Team Sapuangin ITS," tutur Menristekdikti.

No comments:

Post a Comment