Sunday, May 13, 2018

Jadi World University, UPI Targetkan Miliki 130 Guru Besar Pada 2020

 Kampus Pendidikan Indonesia (UPI) membidik mempunyai 130 guru besar sampai 2020 atau lebih dari 10% dari keseluruhan dosen di universitas pencetak tenaga pendidik ini.

Rektor UPI, Asep Kandunganohman menyebutkan, guru besar jadi hal perlu hubungannya dengan kwalitas perguruan tinggi. Karna, satu diantara tanda kwalitas pergruan tinggi yaitu diliat dari jumlah guru besarnya. Pemeringkatan perguruan tinggi oleh Dikti juga satu diantaranya merujuk pada jumlah guru besar.

Baca juga: Biaya Kuliah UNJANI

" Kami selalu berusaha tingkatkan jumlah guru besar, mendorong mereka (dosen) lakukan penelitian serta publikasi jurnal sesuai sama standard Dikti. Meskipun, kami sadar itu bukanlah hal gampang. Karna perlu sistem yang panjang untuk mencapai titel guru besar, " tutur dia pada pengukuhan tiga guru besar di Universitas UPI, Bandung, Senin (7/5/2018).

Dengan jumlah, kata dia, UPI sudah mempunyai sekitaran 550 dosen S3 atau bergerak doktor. Jumlah itu bekal bagus untuk UPI untuk menambah guru besar. Motivasi beberapa pendidik dalam lakukan penelitian serta publikasi juga begitu baik.

" Kami optimis juga akan sesuai sama keinginan. Ini satu diantara jalan UPI mencapai world ranking university, " tambah dia.

Disamping itu, Kepala Biro Kepegawaian Syahrani menyebutkan, sekarang ini jumlah guru besar di UPI menjangkau 109 orang. 100 guru besar yaitu PNS serta 9 orang guru besar non-PNS. Tiga guru besar barusan dilantik. Yakni Suwatno (Pengetahuan Komunikasi Organisasi), Memen Kustiawan (Pengetahuan Akuntansi), serta Budi Mulyanti (Pengetahuan Fisika Elektronik).

" Untuk akselerasi, UPI lakukan pendampingan serta mendorong publikasi ilmiah beberapa dosen. Karna satu diantara prasyarat guru besar yaitu publikasi internasional. Satu diantara masalah publikasi ilmiah yaitu dipublikasikan di Skopus (jurnal internasional bereputasi). Itu tidak gampang, kita tidak paham kapan dipublish, " kata dia.

Sesungguhnya dengan 550 doktor, UPI banyak hasilkan jurnal ilmiah. Namun untuk dapat dipublish di Skopus butuh saat. Dari bagian dosen doktoral, nyaris 50% dosen UPI sudah S3 pada 2018 ini. Sekarang ini, sebagian dosen tengah merampungkan program studinya.

Baca juga: Biaya Kuliah UIN SGD - Pendaftaran UIN SGD

" Satu diantara langkah yang kami kerjakan yaitu memperpendek sistem pengusulan guru besar. Dahulu setahun, saat ini bila normal tiga bln. dapat usai, " terang dia.

Satu diantara fakultas baru yang butuh guru besar yaitu Fakultas Pendidikan Seni serta Desain. Sekarang ini baru ada satu guru besar.

" Bila ada guru besar, ada kepakaran pada pengetahuan itu. Peran ke instansi ada juga. Diluar itu, pemeringkatan PT dengan nasional, satu diantara komponennya yaitu guru besar serta S3. Sekarang ini UPI posisi 13 besar. Kami mengharapkan menambahnya guru besar dapat menambah posisi UPI, " tambah dia.

No comments:

Post a Comment