Monday, March 19, 2018

UI kembangkan Kapal Berbahan Pelat Datar

 Ramainya kecelakaan yang menerpa kapal angkutan memiliki bahan serat kaca atau fiber buat Kampus Indonesia (UI) meningkatkan kapal yang lebih aman.

Baca juga: Biaya Kuliah UIN MALANG - Biaya UKT UIN MALANG

Wakil Rektor Bagian Akademik serta Kemahasiswaan UI Bambang Wibawarta menyebutkan pihaknya tengah meningkatkan kapal penumpang memiliki bahan pelat baja datar. Project ini bekerja bersama dengan Kemeristek Dikti dalam pengembangannya.

" Kebetulan kami telah miliki penelitian masalah kapal pelat datar. Berbahan dari baja hingga kemampuannya tambah baik, " ucapnya di Universitas UI Depok pada Rabu (1/2/2017).

Kapal itu sudah diuji-coba tahun kemarin. Eksperimen dikerjakan dari mulai Teluk Naga, Tangerang, Banten, sampai Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Dengan memakai pelat baja datar, konstruksi kapal tak akan melalui sistem pelengkungan pelat yang menelan saat. Material ini sangat mungkin produksi kapal yang berjalan cepat dengan cost yang relatif murah.

Kapal ini memiliki 3 Gross Tonage (GT) dengan mesin 170 PK. Waktu ditest kapal ini mempunyai kecepatan 240 knot atau sama dengan kapal 350 PK.

Baca juga: Biaya Kuliah UMY

No comments:

Post a Comment