Monday, March 16, 2020

Saat Corona Hanya Sebuah Mobil Bikinan Toyota

Sampai 20 tahun kemarin, orang kenal corona jadi salah satunya mobil yang dibuat Toyota. Satu sedan yang melegenda sepanjang lebih dari 40 tahun wara-wiri di jalanan dunia.



Corona dalam tiga bulan paling akhir jadi tema yang terbanyak dibahas di penjuru dunia. Virus yang awalannya diketahui tampil di Wuhan ini mengagetkan dan menimbulkan kecemasan besar buat beberapa orang.

Sampai ini hari, beberapa ratus ribu orang telah terinfeksi virus corona. Angka kematiannya sampai beberapa ribu orang. Sesaat obat penawarnya belum sukses diketemukan.

Baca Juga : Akreditasi Jurusan UNEJ

Corona sudah bawa perkembangan besar di dunia ini. Kota-kota dtutup, beberapa orang jadi cemas untuk pergi, ekonomi di beberapa negara melambat karena itu. Dunia masih berusaha melawannya.

Corona juga pernah menyebar di penjuru dunia, tetapi berbentuk mobil buatan Toyota. Toyota jual mobil ini dalam kurun waktu yang lumayan panjang, dari mulai 1957 sampai 2001.

'Corona' dambil dari bahasa latin, yang dalam bahasa Inggris bermakna 'crown'.

Di beberapa negara di dunia, Corona jadi mobil Toyota pertama yang mereka import - diantaranya ke Inggris. Corona dipandang mendapatkan sukses besar di penjuru dunia, dimana di sejumlah negara mobil ini dipasarkan dengan nama Carinas.

Baca Juga : Universitas Jember

Selama 44 tahun dipasarkan ke publik, Corona mempunyai 10 generasi. Mobil ini mempunyai banyak variasi serta bermacam ketidaksamaan detail.

Corona pernah punyai seri 2 pintu (coupe), sedan 4 pintu, sampai mode dengan bodi bergaya station wagon. Sesaat bila bicara masalah mesin, mobil ini terendah mempunyai kemampuan 1,2 liter sampai 2,4 liter. Malah ada yang diberi mesin turbo, sesaat yang dipakai jadi taksi memakai bahan bakar gas.

Corona mode pertama yang launching tahun 1957 justru masih disebutkan Toyopet Corona. Mobil ini sebelumnya diperuntukkan untuk kelas atas, walau masih dibawah mobil flagship mereka waktu itu, Crown. Sepuluh tahun berlalu Toyota keluarkan Corona Mark II, yang membuat Corona masuk fragmen yang lebih prestise .

Diambil dari AutoZeitung, Corona sempat jadi sensasi waktu pertama hadir ke Jerman di tahun 1973. Serta Corona sempat dijagokan bisa menjadi nomor satu di kelasnya.

Baca Juga : UNEJ

Di Indonesia, Corona masuk serta dibuat lokal pada generasi ke empat atau seputar tahun 1970-an.

Semenjak dikeluarkan pada tahun 1957 sampai 1986, mobil ini termasuk moncer karena dapat terjual sampai 5 juta unit mobil dengan global. Generasi paling akhir Corona yang dipasarkan di Indonesia ialah Corona Absolute, serta semenjak tahun 1998 produksi Toyota di Indonesia diganti oleh Camry.

No comments:

Post a Comment